Kamis, 20 Juli 2023



Manfaat P5 dalam Kurikulum Merdeka

Salah satu bagian dalam Kurikulum merdeka adalah P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pelaksanaan P5 disekolah harus disiapkan ekosistem. Dibenteknya ekosistem diharapkan muncul habitus baru sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasan baik akan mendorong memiliki prilaku baik sejak dini dalam habitus. Nilai-nilai Pancasilaakan dapat tumbuh dan berkembang menjadi cirikhas kehidupan berbangsa, sehingga terbentuknya manusia-manusia  berkalhak mulia sesuai nilai-nilai Panacasila.

Kementrian Pendidikan dan keudayaan dalam artikelnya merangkum projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai berikut:

Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila (P5)
P5 adalah sebuah proyek yang mencari jawaban atas pertanyaan tentang kompetensi apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Proyek ini dilaksanakan dengan membekali siswa dengan karakter pribadi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Kompetensi P5 memperhitungkan beberapa faktor yang mempengaruhi, internal dan eksternal. Contoh faktor internal adalah ideologi, sedangkan faktor eksternal adalah tantangan di era digital.

P5 bertujuan untuk menjadikan mahasiswa pengikut bangsa yang lebih baik dan produktif. dan dapat berkontribusi pada pembangunan global yang berkelanjutan.

Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berbudi pekerti luhur melalui pembentukan peserta didik yang berpancasila.

Profil Mahasiswa Pancasila mendukung visi tersebut dengan mentransformasikan pelajar Indonesia menjadi pembelajar sepanjang hayat yang berkompeten, berkarakter, dan berperilaku selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Prinsip P5
Berikut adalah beberapa prinsip P5

1. Komprehensif
Prinsipnya adalah kita melihat segala sesuatu secara keseluruhan atau individual. Kerangka pemikiran komprehensif yang tertanam dalam P5 mendorong siswa untuk mengeksplorasi topik dan materi secara keseluruhan dan memahami berbagai hal secara mendalam.

Oleh karena itu, setiap topik P5 biasanya merupakan wadah yang terintegrasi untuk perspektif dan konten informasi yang berbeda.

Prinsip umum tersebut juga mendorong siswa untuk membuat hubungan yang bermakna antara komponen-komponen pelaksanaan P5, seperti siswa, guru, dan lain-lain.

2. Konteks
Kontekstual adalah prinsip yang berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata sehari-hari. Prinsip ini mendorong guru dan siswa untuk menjadikan lingkungan dan kehidupan nyata sebagai bahan utama pembelajaran.

Unit pelatihan bertindak sebagai penyelenggara kegiatan proyek profil dan harus menyediakan ruang dan kesempatan bagi siswa untuk bereksplorasi di luar unit pelatihan.

3. Berpusat pada peserta didik
Prinsip berikut merupakan prinsip yang mendorong siswa untuk giat mempelajari mata pelajaran.


Dengan prinsip tersebut diharapkan pendidik dapat mengurangi perannya sebagai pelaku utama dalam kegiatan belajar mengajar. P5 mengubah guru menjadi mitra belajar dan menawarkan banyak kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi motivasi diri sesuai dengan keadaan dan kemampuan mereka.

  4. Investigasi
Prinsip penelitian adalah prinsip yang berkaitan dengan penciptaan ruang bagi proses pengembangan diri dan penelitian, baik secara terstruktur maupun bebas.

P5 memiliki penelitian yang luas dalam kaitannya dengan materi pembelajaran, penggunaan waktu dan penyesuaian tujuan pembelajaran.

Prinsip inkuiri juga bertujuan untuk mempromosikan peran P5 dalam mewujudkan dan memperkuat keterampilan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran internal. Keunggulan P5


P5 menawarkan kesempatan kepada seluruh warga satuan pendidikan untuk mengamalkan profil siswa Pancasila. P5 menawarkan keuntungan yang berbeda untuk masing-masing pihak.

   Manfaat untuk sesi pelatihan:
Jadikan sesi pelatihan sebagai ekosistem terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.

Unit pelatihan menjadi learning organization yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat sekitar.

  Manfaat bagi guru:
Memberikan ruang dan waktu bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dan membangun karakter serta profil siswa Pancasila. Rancang proses pembelajaran proyek profil dengan tujuan akhir yang jelas.

Mengembangkan keterampilan sebagai pendidik yang mau bekerjasama dengan guru mata pelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar.

Manfaat bagi siswa:

Memberikan ruang dan waktu bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dan membangun karakter serta profil siswa Pancasila.Rancang proses pembelajaran proyek profil dengan tujuan akhir yang jelas.

Mengembangkan keterampilan sebagai pendidik yang mau bekerjasama dengan guru mata pelajaran lain untuk meningkatkan hasil belajar


Related Posts:

  • Manfaat P5 dalam Kurikulum MerdekaManfaat P5 dalam Kurikulum Merdeka Salah satu bagian dalam Kurikulum merdeka adalah P5 merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan P5 disekolah harus disiapkan ekosistem. Dibenteknya eko… Read More

0 komentar:

Posting Komentar

jam digital

Total Tayangan Halaman

6,649

titanik

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me


Saya adalah ayah dari 3 orang Jagoan
yang berprofesi sebagai guru SD 
 tertarik dengan  Filsafat, Ekonomi dan Teknik Sipil
hubungi saya di : kongko072@gmail.com

Popular Posts

Blog Archive